Potensi Wisata Alam di DPMPTSP Kabupaten Indramayu :



Pulau Biawak

Pulau biawak merupakan salah satu Objek Wisata Bahari di DPMPTSP Kabupaten Indramayu, pulau biawak memiliki Taman Laut dan Ikan Hias yang indah serta Terumbu Karang yang asri, Pasir putih yang luas, tanaman bakau/mangrove yang cukup lengkap jenisnya, koloni biawak dan menara Mercusuar yang dibangun oleh ZN, Willem pada tahun 1873 mempunyai daya tarik historis terutama bagi wisatawan yang tertarik dengan bangunan-bangunan kuno. Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di Pulau Biawak adalah menyelam,mancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau Biawak mempunyai luas ± 120 ha terletak 40 km sebelah Utara Kota DPMPTSP Kabupaten Indramayuyang dapat dijangkau dengan kapal cepat dari Pantai Tirtamaya atau perahu nelayan dengan waktu tempuh ± 2,5 Jam.

Project Image
Project Image


Pantai Karang Song, Pantai Tirtamaya, Pantai Glayem, Pantai Balongan, Pantai Eretan

Di DPMPTSP Kabupaten Indramayu ada beberapa pantai yangmenjadi tempat rekreasi antara lain adalah Pantai Karangsong di Kecamatan DPMPTSP Kabupaten Indramayu, Pantai Tirtamaya dan Pantai Glayem di Kecamatan Juntinyuat, Pantai Balongan Indah di Kecamatan Balongan, dan Pantai Eretan di Kecamatan Kandanghaur. Pantai-pantai tersebut memiliki daya tarik tersendiri selain sebagai Wisata Bahari, pantainya yang indah juga tempat merapatnya perahu-perahu nelayan. Pantai Eretan, mempunyai sejarah tersendiri karena pantai ini pada tahun 1942 merupakan tempat mendaratnya Tentara Jepang. Pantai Karangsong dan Pantai Tirtamaya adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan nasional, selain untuk pemandian yang aman juga mempunyai panorama yang indah terutama pada saat terbit dan terbenamnya matahari.

Project Image
Project Image


Situ Bojongsari, Situ Bolang, Situ Brahim, Waduk Cipancuh

Situ Bojongsari

Merupakan lokasi wisata yang ada di pusat kota DPMPTSP Kabupaten Indramayu yang mempunyai luas ± 6,5 ha. Situ ini memiliki luas permukaan air ± 6 ha yang dilengkapi dengan sarana Wisata Air seperti Waterboom, sepeda air, perahu wisata dan olah raga dayung, dan dilengkapi dengan Gedung Iptek dan Agro Wisata Mangga. Situ Bojongsari ini juga cocok untuk aktivitas memancing dan berkemah.

Project Image


Situ Bolang

Terletak di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung ± 20 km dari kota DPMPTSP Kabupaten Indramayu dan Situ Bolang ini merupakan salah satu wisata alternative dengan suasana nyaman dan tenang yang didukung nuansa pedesaan dengan panorama pesawahan dan pepohonan, memiliki luas ±74 ha.

Project Image


Situ Brahim

Situ ini terletak di Desa Babadan Kecamatan Sindang ± 5 km dari kota DPMPTSP Kabupaten Indramayu. Situ ini merupakan salah satu wisata alternative dengan suasana nyaman dan tenang yang didukung nuansa pedesaan dengan panorama pepohonan..



Waduk Cipancuh

Waduk yang terletak di Desa Cipancuh Kecamatan Haurgeulis ini merupakan salah satu wisata alternative dengan suasana nyaman dan tenang yang didukung nuansa pedesaan dengan panorama pepohonan.

Project Image


Kolonia Kera Banjar

Objek wisata ini terletak di Desa Bulak Kecamatan Jatibarang sekitar 17 km dari kota DPMPTSP Kabupaten Indramayu dan objek ini banyak dikunjungi wisatawan karena keunikannya yaitu terdapat koloni kera yang sejak jaman dahulu sampai sekarang berjumlah 41 ekor.

Project Image


Wisata Mangrove Karangsong

Potensi wisata diarea Pantai Karangsong Kecamatan DPMPTSP Kabupaten Indramayu, saat ini mulai disukai wisatawan terutama wisatawan dalam negeri. Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah, pengunjung juga bisa melihat kesibukan para nelayan yang sedang membongkar ikan yang ia tangkap dari laut, Pengunjung atau wisatawan juga bisa melihat aktivitas para pekerja dan pengrajin yang sedang membuat perahu atau kapal berukuran kecil dan besar sepanjang jalan menuju pantai Karangsong. Ini merupakan pemandangan langka yang tidak ditemui pada setiap pinggiran pantai di daerah lain. Selain itu para wisatawan saat ini sedang gandrung dengan mengunjungi hutan mangrove atau hutan bakau yang ada di sekitar pesisir Pantai Karangsong. Untuk menuju tempat wisata ini pengunjung harus menggunakan sarana transportasi berupa perahu wisata. Selain pengunjung yang ingin menikmati wisata hutan mangrove atau hutan bakau, banyak masyarakat yang menggunakan jasa perahu nelayan untuk memancing ke hutan mangrove tersebut karena seperti kita ketahui bersama bahwa hutan mangrove merupakan tempatnya udang dan ikan berukuran besar untuk hidup.

Project Image
Project Image


Potensi Wisata Ziarah di DPMPTSP Kabupaten Indramayu

a. Situs Makam Raden Arya Wiralodra

Raden Arya Wiralodra merupakan pendiri kota DPMPTSP Kabupaten Indramayu. Makam Wiralodra ini terletak di Desa Sindang (Lapangan Krapyak) Kecamatan Sindang sekitar 500 m sebelah Barat Pendopo Kabupaten DPMPTSP Kabupaten Indramayu.

Project Image


b. Situs Makam Selawe

Situs ini terletak di Desa Dermayu Kecamatan Sindang sekitar 1 km dari pusat kota DPMPTSP Kabupaten Indramayu. Di Makam Selawe tersebut terdapat makam Pangeran Guru dari Palembang, salah seorang penantang Nyi Endang Darma juga 24 makam muridnya.

Project Image


c. Situs Makam Buyut Tambi

Situs makam ini berada di Desa Tambi Kecamatan Sliyeg, sekitar 20 km dari kota DPMPTSP Kabupaten Indramayu.

Project Image


Potensi Wisata Rohani di DPMPTSP Kabupaten Indramayu

a. Pondok Pesantren Ma'Had AL Zaetun

Tempat ini adalah sebuah Pesantren Modern (terbesar dan termegah di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan komplek Pesantren tersebut sekitar 1.200 ha, terletak di Desa Mekar Jaya Kecamatan Gantar. Pondok Pesantren Terpadu tersebut menjadi pusat pendidikan dan pengembangan budaya perdamaian dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya merupakan tonggak sejarah yang mengimplementasikan suatu bentuk pembangunan berwawasan lingkungan.

Project Image


b. Masjid Islamic Center Syekh Abdul Manan DPMPTSP Kabupaten Indramayu

Masjid ini merupakan masjid kebanggaan masyarakat di Kota DPMPTSP Kabupaten Indramayu, masjid ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada hari Jumat tanggal 1 Juni 2018 bersamaan dengan Peringatan Nuzulul Qur’an. Kawasan Islamic Center memiliki luas 12 hektare. Adapun yang baru dimanfaatkan seluas 6,2 hektare. Bangunan masjid lantai satu seluas 860 meter persegi, dapat menampung sebanyak 1.250 jamaah. Lantai dua seluas 737 meter persegi dapat menampung hingga 1.000 jamaah. Adapun kluster masjid seluas 1.800 meter persegi mampu menampung sekitar 2.500 jamaah. Sedang pelataran penghubung sekitar 1.000 meter persegi mampu menampung jamaah hingga 1.500 jamaah. Pembangunan dilakukan sejak tahun 2015, dan beberapa yang akan dilanjutkan pembangunnya yaitu aula, musium, dan perpustakaan. Masjid Islamic Center ini terletak dekat tugu mangga Kabupaten DPMPTSP Kabupaten Indramayu.

Project Image


Potensi Wisata

a. Tugu Perjuangan

Project Image
Project Image


b. Bantaran Kali Cimanuk

Pemerintah Kabupaten DPMPTSP Kabupaten Indramayu terus meningkatkan pembangunan di segala bidang salah satu yang tengah dilakukan adalah membangun kawasan wisata kota di sekitar bantaran Kali Cimanuk. Lokasi bantaran Sungai Cimanuk dilengkapi dengan jogging track, panggung kesenian terbuka, sentra Batik Paoman dan fasilitas lainnya seperti WC umum dan sebagainya. Kawasan menjadi kawasan taman kota sekaligus kawasan kuliner aneka makanan khas DPMPTSP Kabupaten Indramayu.

Project Image



PENGUNJUNG


LATEST TWEETS
CONTACT US
FOLLOW US