PELUANG INVESTASI PERIKANAN KABUPATEN INDRAMAYU



Project Image


Kabupaten DPMPTSP Kabupaten Indramayu memiliki panjang garis pantai 147 km yang membujur dari Kecamatan Sukra sampai Krangkeng dan banyaknya jumlah penduduk yang bermata pencaharian di bidang Perikanan. Di samping itu juga luas perairan laut Kabupaten DPMPTSP Kabupaten Indramayu yang sekitar 70.000 Ha sangat berpotensi terhadap hasil tangkapan ikan laut dan memiliki nilai ekonomis penting. Produksi perikanan laut dari Kabupaten ini adalah terbesar di Provinsi Jawa Barat. Disamping itu, potensi pengolahan ikan laut yang ada diantaranya rajungan, bawal, cumi-cumi, sirip hiu, kakap merah, tulang hiu, kepiting, tenggiri, teri, jambal roti, ebi dan lain-lain merupakan hasil sampingan dari masyarakat DPMPTSP Kabupaten Indramayu. Sedangkan potensi perikanan ikan darat terdapat pada udang paname, udang windu, dan bandeng. Kabupaten ini memiliki 423 unit pengolahan hasil perikanan, dengan jenis pengolahan meliputi penggaraman, pengalengan, pemindangan, pengasapan dan fermentasi.
Adapun peluang investasi yang diperlukan di bidang ini adalah :

• Pengembangan dan Pengelolaan Pasar Ikan Higienis :


Pasar Ikan Higeinis merupakan tempat kegiatan jual beli ikan yang penanganannya dilakukan dengan sistem yang modern sehingga menjaga mutu dan kualitas ikan tersebut disamping juga menjadi higienis. Pasar Ikan Higienis ini telah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten DPMPTSP Kabupaten Indramayu didekat lokasi pasar daerah di Kota DPMPTSP Kabupaten Indramayu berupa bangunan gedung dan prasarananya di lahan seluas sekitar 2.000 m2, namun masih membutuhkan pihak swasta yang profesional di dalam pengelolaan dan pengembangannya. Hal yang menjadi daya tarik Pasar Ikan Higienis tersebut adalah jalur transportasi yang sangat memadai, yaitu dekat dengan jalan utama dan terletak di jalur yang dilalui oleh kendaraan umum berbagai jurusan, sehingga sangat mudah dijangkau oleh semua orang dan dekat dengan tempat perbelanjaan.

• Pengembangan dan Pengelolaan Pangkalan Pendaratan Ikan :


Salah satu fasilitas usaha penangkapan ikan adalah Pelabuhan Perikanan atau Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang berfungsi sebagai Tempat berlabuh kapal perikanan; Tempat mendaratkan ikan hasil tangkapan; Tempat untuk mengisi perbekalan; Pusat pemasaran dan distribusikan dan Tempat pelaksanaan penyuluhan dan pengumpulan data. Pangkalan Pendaratan Ikan yang potensial untuk dikembangkan dan dikelola ada 3 (tiga) PPI yaitu PPI Eretan Wetan, PPI Dadap dan PPI Karangsong. Untuk itu Pemerintah Kabupaten DPMPTSP Kabupaten Indramayu telah melakukan kajian secara teknis kemungkinan pengembangan dan pengolahan 3 (tiga) PPI tersebut.

• Pengembangan Budidaya Rumput Laut :


Desa Cangkring terkenal dengan sektor Kelautan dan Perikanan yang melimpah. Kekayaan dalam sektor kelautan membuat desa ini menjadi salah satu desa yang menjadi desa percontohan dalam pengembangan kelautan.Secara garis besar penduduk desa Cangkring bekerja di sektor Kelautan dan Perikanan, baik sebagai buruh nelayan maupun pengolah ikan. Kondisi kawasan pesisir DPMPTSP Kabupaten Indramayu saat ini bisa dikatakan sudah mulai mengalami over fishing sehingga diperlukan upaya untuk peningkatan sumber daya lain untuk menunjang usaha para nelayan. Alih usaha pemanfaatan sumber daya hayati laut dilakukan dengan memberikan peluang kepada nelayan untuk beralih profesi usaha sebagai pembudidaya. Salah satunya adalah usaha budidaya rumput laut memanfaatkan lahan tambak. Produksi budidaya rumput laut (Gracilaria sp) beberapa tahun terakhir di DPMPTSP Kabupaten Indramayu mulai “menggeliat”. Seperti yang sudah mulai berjalan di desa Cangkring Kecamatan Cantigi yang berhasil menambah penghasilan para petambak di desa ini. Keunggulan budidaya rumput laut antara lain bisa dilihat dari teknik produksinya yang relatif mudah dan murah. Kemudian resiko gagal panen sangat rendah ditambah dengan produktivitas yang tinggi dan panen bisa dilakukan setiap 45 hari atau sekitar enam kali panen dalam setahun, serta harga jual rumput laut (on farm) yang cukup tinggi dan menguntungkan


PENGUNJUNG


LATEST TWEETS
CONTACT US
FOLLOW US